header-int

Kenalkan Al Quran Demi Membenteng Diri Siswa

Jumat, 23 Mar 2018, 11:29:41 WIB - 413 View
Share
Kenalkan Al Quran Demi Membenteng Diri Siswa

Palembang – Di tengah peradaban kebebasan dan era globalisasi belakangan menjadi dampak signifikan bagi generasi muda. Apalagi pelajar saat di mana mencari jati dirinya.

Tak mau terpeleset dengan perilaku yang menyimpang dan budaya hedonisme, pihak SMA Unggul Negeri 4 Palembang membentengi para siswanya dengan pemahaman Al Quran. Bahkan sebelum masuk ke kelas, siswa wajib membaca Al Quran selama 30 menit sebelum masuk belajar mengajar.

[Khataman Al Quran dengan dibarengi Peringatan Isra Mi’raj di Pelataran SMA Negeri 4 Palembang]

Benar saja, puncaknya kemarin ratusan siswa dengan hikmat melakukan peringatan khataman Al Quran yang dibarengi dengan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

“Ini sudah menjadi rutinitas dan ini sangat penting karena menjadi filter diri bagi mereka ditengah kemajuan iptek dan pengaruh hedonisme,” ujar Kepala Sekolah SMA Unggul Negeri 4 Palembang, Drs Risman MSi disela-sela acara, Rabu, 19 April 2017.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena di  Palembang tak sedikit pelajar yang sudah menjamah Narkoba. Sehingga membentengi diri menurutnya menjadi kebutuhan yang mendesak.

Tak terkecuali pembinaan Rohani Islam (Rohis), di bawah pembina Rohis Drs Hasyim SMA Negeri 4 Palembang juga memberikan eksak seperti senandung Islam hadroh dan pemahaman keislaman.

“Jadi siswa berada di sekolah pukul 06.40 dan setelah itu membaca Al Quran hingga pukul 07.10 setiap harinya sehingga khatam,” jelas Risman.

Oleh karena itu sambungnya, sistem punishmen and reward untuk memberi semangat dan inspirasi diberikan kepada siswa yang berhak. Sebut saja Rahma Safitri seorang juara tilawatil Al Quran yang diapresiasi dengan dibebaskan dari biaya masuk sekolah hingga lulus.

“Ya, Rahma dari SD dan SMP memang berbakat, lalu kita tarik ke sekolah kita dan kita bebaskan biaya sekolah,” pungkasnya.

Rahma Safitri mengaku senang membaca Al Quran sejak kelas V SD hingga saat ini. Sehingga terlatih dengan gaya tartil dan qoriahnya.

“Keluarga padahal gak ada yang qoriah, tapi senang aja baca Al Quran. Berjali-kali juara dan khatam,” ujar Qoriah.

Sumber : beritasebelas.com

SMA Negeri 4 Palembang SMA Negeri 4 Palembang merupakan salah satu sekolah legendaris di kota Palembang, Sumatera Selatan. SMA Negeri 4 Palembang didirikan pada tanggal 21 Agustus 1965. SMA Negeri 4 Palembang, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. SMA Negeri 4 Palembang mampu bersaing dan mental juara. Slogan : KITA BISA KARENA TERBIASA !
© 2019 SMA NEGERI 4 PALEMBANG Follow SMA NEGERI 4 PALEMBANG : Facebook Twitter Linked Youtube